Wednesday, February 26, 2020

Dino Park, Jatim Park 3



Salam hangat dari Keluarga Dolan,

Kota Batu sebagai destinasi wisata sangat identik dengan Jatim Park. Meskipun banyak tujuan wisata lain di kota apel ini, tapi nama Jatim Park seperti menjadi icon destinasi wisata. Sekarang sudah ada 3 Jatim Park di Kota Batu. Jatim Park 1 yang terkenal dengan wahana edukasi dan permainan airnya, Jatim Park 2 dengan museum satwa, kebun binatang dan banyak wahana permainannya, dan yang terbaru adalah Jatim Park 3. Lokasi Jatim Park 3 terletak agak jauh dari Jatim Park 1 dan Jatim Park 2, tapi sebenarnya posisinya paling strategis karena berada di jalur utama Malang – Batu, tepatnya di Jl. Raya Ir. Soekarno No. 144, Kota Batu.

Jatim Park 3 memiliki 6 wahana utama yaitu :
  • Dino Park
  • Infinite World
  • The Legend Star Park
  • Museum Musik Dunia
  • Fun Tech Plaza
  • The House of Zombie
Dalam ulasan kali ini kita akan khusus membahas tentang Dino Park terlebih dahulu. Dino Park mengangkat konsep tentang binatang purbakala, dinosaurus. Bukan seperti pada film Jurrasic Park di mana orang-orang berlarian dikejar dinosaurus, di sini aman karena yang ada hanya replikanya saja. Tapi dengan kecanggihan teknologi, beberapa replika dinosaurus bisa melakukan gerakan terbatas dan mengeluarkan suara. Anak-anak pasti senang sekali diajak berkeliling di sini bermain dan belajar tentang dinosaurus.

Untuk memasuki Dino Park yang luasnya hingga 5 hektar dengan 17 zona, kita hanya perlu membayar tiket seharga 75 ribu rupiah saja per orang untuk Senin hingga Kamis dan 100 ribu rupiah saja untuk akhir pekan atau hari libur. Kita punya waktu dari jam 11.00 hingga jam 17.00 untuk mengelilingi semua area Dino Park.

Pastikan kita tidak melewatkan satupun zona ketika berwisata ke Dino Park, karena semua zona memiliki keseruan tersendiri. Ada zona Museum Dino, di dalam museum ini kita bisa melihat dan mempelajari tentang dinosaurus dalam bentuk replika wujud utuh maupun kerangkanya. Anak-anak bisa belajar tentang ukuran dan bentuk berbagai macam dinosaurus. Ada kerangka Triceratops, angkilosaurus, tiranosaurus dan apatosaurus yang disajikan dalam ukuran sebenarnya panjang dan tingginya. Pada zona Jelajah 5 Jaman kita bisa menjelajahi 5 jaman prasejarah mulai dari jaman premian hingga jaman ice age dengan menaiki kereta berkapasitas 48 orang. Dalam perjalanan kita tidak hanya bisa melihat suasana setiap jaman tapi juga sambil mendengarkan penjelasannya.

Kita juga bisa berjalan-jalan di tengah kehidupan pra sejarah di zona The Rimba. Di kanan kiri jalan ada banyak replika makhluk prasejarah. Ada juga zona Ice Age. Di zona ini kita bisa mempelajari makhluk apa saja pada jaman dahulu yang bisa bertahan pada jaman ice age. Pada masa ice age, bumi memiliki suhu yang sangat ekstrim hingga banyak makhluk termasuk dinosaurus banyak yang punah. Akan tetapi ada beberapa makhluk seperti mamoth, smilodon dan beberapa makhluk lain yang mampu bertahan. Dan masih banyak lagi zona seru lainnya di Dino Park seperti Kolam Elasmosaurus, Jembatan Akar, Aquarium 3D, Live with Dino, Active Fun House dan masih banyak lagi.

Saran dari Keluarga Dolan, datanglah ke Dino Park tidak pada peak season agar kita bisa nyaman dalam menikmati semua zona yang disediakan. Jika kondisi tidak terlalu ramai, kita dan anak-anak bisa menikmati semua zona termasuk area permainan tanpa perlu antri panjang. Wahana permainan di dalam Dino Park punya karakter yang sama dengan wahana permainan area Jatim Park lainnya yaitu gratis dan kita bisa mengulang sepuasnya. Tapi saat peak season, untuk mengurangi antrian biasanya akan dibatasi 2 - 3 kali setiap pengunjung.

Satu lagi yang perlu disiapkan ketika mengunjungi Dino Park adalah topi atau payung dan kacamata hitam jika diperlukan. Karena area Dino Park tergolong baru jadi pepohonan yang ada di sana belum terlalu rindang. Posisi Jatim Park 3 sendiri yang tidak setinggi Jatim Park 2 atau Jatim Park 1 juga membuat cuaca di sini sedikit lebih panas. Selebihnya, dari segi fasilitas tak ada yang perlu diragukan, karena Jatim Park grup selalu menyediakan fasilitas umum yang bersih dan memadai, seperti information center, e-bike station, toilet, toliet difabel, baby care, rute kursi roda & e-bike, smoking area, mushola, food court & cafe hingga angkutan gratis untuk rute wisata Jatim Park Group.

Nah, seru kan dolan kita ke Dino Park, Jatim Park 3 kali ini? Yuks segera masukkan destinasi wisata satu ini ke dalam daftar tujuan wisata Sahabat Dolan tahun ini.


2 comments:

  1. Beberapa bulan lalu ke Malang, Jatim Park nya cuma dilewatin aja. Secara nggak punya anak kecil. Nggak taunya seru juga. Kapan² klo ke Malang lagi, mampir, ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, di jatim park 3 banyak wahana seru. monggo mampir kalau jalan2 ke Malang lagi ya

      Delete