Sunday, March 8, 2020

Nyaman Dolan Bersama Anak

Salam hangat dari Keluarga Dolan,

Kami, Keluarga Dolan, adalah salah satu keluarga yang kemana-mana harus bersama-sama. Kami tidak terbiasa untuk dolan sendiri tanpa anak-anak kecuali ketika ada tugas dari kantor. Jadi hampir semua agenda dolan dan kulineran kami lakukan bersama anak-anak. Sekarang anak-anak sudah berusia 8 dan 10 tahun. Usia yang sudah relatif mudah untuk diajak dolan. Tapi bukan berarti kami bisa dolan tanpa persiapan. Kami tetap harus mempersiapkan beberapa hal agar dolan tetap berjalan dengan nyaman. Berikut beberapa tips agar nyaman dolan bersama anak-anak.

1. Tentukan tujuan yang tepat 

Menentukan tujuan dolan yang tepat untuk anak-anak sangatlah penting. Akhir-akhir ini banyak tempat dolan yang isinya hanya spot-spot foto yang instagramable tanpa adanya manfaat berarti untuk anak-anak. Jangan sampai karena keegoisan orang tua dalam memilih tempat dolan, justru membuat anak bosan dan tidak nyaman. Pilihlah tempat dolan yang mengandung unsur edukasi dan tempat bermain sesuai dengan usia anak.

2. Merencanakan kegiatan yang menyenangkan untuk anak dalam perjalanan

Apapun armada yang kita pilih untuk melakukan perjalanan, kita harus menyiapkan beberapa strategi untuk menghadapi rasa bosan anak-anak dalam perjalanan. Sediakan mainan kesukaannya, buku bacaan, cemilan atau bisa juga kita menyiapkan permainan atau cerita-cerita seru yang bisa disampaikan selama perjalanan. Jadi saat anak sudah mulai bosan kita sudah menyiapkan senjata untuk mengatasinya sebelum anak-anak menjadi lebih cranky. Biasanya kami melakukan perjalanan dengan mobil pribadi jadi kami bisa sesekali berhenti untuk istirahat di rest area. Hal ini bisa mengurangi kejenuhan anak-anak berada dalam mobil selama beberapa jam. 

3. Siapkan barang bawaan yang efisien

Bawa barang bawaan secukupnya terutama jika menggunakan kendaraan umum dalam perjalanan dolan kita. Hal ini bertujuan agar kita tidak terlalu repot mengurusi barang bawaan dan bisa tetap fokus mendampingi anak-anak dalam perjalanan. Buatlah daftar barang bawaan sebelum melakukan bepergian. Catatlah semua barang-barang yang perlu kita siapkan, periksa lagi barangkali ada barang-barang yang sebenarnya bisa kita keluarkan dari daftar. Jaket, bantal leher, kaos kaki, obat-obatan, dan barang penting lain jangan ketinggalan. 

Bawalah tas yang ringkas ketika memasuki tempat wisata, bawa baju ganti secukupnya khususnya untuk anak untuk jaga-jaga kalau bajunya kotor atau basah, bawa air minum secukupnya dan P3K. Pilihlah tas yang paling nyaman untuk kita bawa.

4. Pesan penginapan yang nyaman untuk anak

Kami biasanya memilih penginapan atau hotel yang menyediakan kolam renang dengan harga terjangkau. Jadi kami bisa menginap dengan bonus bermain air gratis di hotel. Kami tidak perlu lagi memasukkan tempat dolan dengan wahana air pada daftar dolan kami. 

5. Diusahakan tidak dolan pada peak season

Usahakan tidak dolan pada peak season karena hal ini akan membuat anak tidak nyaman. Wahana-wahana pada tempat rekreasi biasanya akan penuh antrian yang membuat anak akan merasa cepat lelah dan bosan. Pilih waktu dolan di luar masa liburan panjang agar perjalanan dolan kita tetap nyaman.

6. Sabar menghadapi anak-anak selama perjalanan

Ini penting sekali, anak-anak tidak selalu dalam kondisi kondusif selama perjalanan. Akan tiba saatnya mereka bosan, rewel, atau lelah. Satu hal yang harus diingat adalah tujuan perjalanan kita adalah bersenang-senang. Jadi hadapi semuanya dengan sabar agar semua tetap ceria. Ada baiknya juga sebelum melakukan perjalanan kita ajak anak-anak ngobrol dulu tentang gambaran perjalanan yang akan dilakukan dan hal-hal yang boleh atau tidak untuk dilakukan selama perjalanan.

Ada orang bijak yang berkata, liburan bersama keluarga akan meninggalkan jutaan kenangan pada memori anak dibandingkan kita belikan mereka mainak yang mahal. Jadi, selamat berlibur bersama keluarga ya Sahabat Dolan semua. 

3 comments:

  1. Bener mba.. Liburan waktu kecil saya ke sebuah kebun binatang bersama orang tua waktu dulu, sampai sekarang masih keingat, senangnya..

    ReplyDelete
  2. Bener mba.. Liburan waktu kecil saya ke sebuah kebun binatang bersama orang tua waktu dulu, sampai sekarang masih keingat, senangnya..

    ReplyDelete