Sunday, February 9, 2020

Shabu-Shabu Pertama di Kota Pekalongan


Salam hangat dari Keluarga Dolan,

Hai sahabat, sudah dolan kemana akhir pekan ini? 

Mumpung lagi akhir pekan, Keluarga Dolan mau berbagi referensi kuliner nih. Dolan gak lengkap tanpa kulineran kan?


Mulai Oktober 2019 kemarin, di Kota Pekalongan sudah ada tempat makan shabu-shabu lho. Shabu -shabu itu kalau menurut Wikipedia adalah makanan Jepang jenis Nebemono (masakan yang dimasak di panci dan dimakan selagi hangat) berupa irisan sangat tipis daging sapi yang dicelup ke dalam panci khusus berisi air panas di atas meja makan, dan dilambai-lambaikan di dalam kuah untuk beberapa kali sebelum dimakan berama saus mengandung wijen yang disebut gomadare atau ponzu.

Sebelumnya, kalau mau menikmati shabu-shabu kita harus ke Semarang dulu. Tapi sekarang kita bisa langsung meluncur ke tempat makan yang bernama Iki Hokiku. Terletak di jalan Irian No. 24, Sapurokebulen, Pekalongan Barat. Tempat makannya ada di lantai 2 dan tidak terlalu luas tapi cukup nyaman. Katanya sih sebentar lagi akan buka cabang di jalan Sulawesi, Bendankergon, Pekalongan Barat, dekat dengan losmen Sulawesi. Cabang yang baru nanti tempatnya akan lebih luas kata sang pemilik. Rumah makan Iki Hokiku buka dari jam 10.00 - 21.00 ya sahabat Keluarga Dolan. 

Lalu menu apa saja sih yang disediakan di Iki Hokiku, apakah selengkap restoran shabu-shabu pada umumnya?


Agak berbeda dengan restoran shabu yang biasanya menerapkan konsep all you can eat, Iki Hokiku menyediakan makanan sesuai porsi. Tapi jangan sedih, isi per porsinya cukup bikin perut kenyang kok. Di tempat makan ini ada dua macam menu utama yang ditawarkan, yaitu yakiniku dan shabu-shabu. Yakiniku berisi satu nampan daging sapi dan sepiring daging ayam diiris tipis yang sudah direndam bumbu. Kita tinggal membakar/memanggang di panggangan yang disediakan di atas meja. Langsung kita makan selagi hangat dengan dicocol saus khusus yang telah disediakan. Citarasa daging panggang ini manis dan gurih, akulturasi rasa Jepang dan Jawa yang pas di lidah. 


Sedangkan shabu-shabu berisi aneka bakso ikan, crabs stick, sosis, jamur kuping, dan irisan tipis daging sapi juga sayuran yaitu sawi hijau dan sawi putih. Semua isian ini bisa kita masukkan langsung ke dalam kuah panas yang disajikan dalam wajan besar di atas meja. Kita bisa memilih dua macam kuah, yaitu kuah kaldu untuk yang tidak suka pedas atau kuah tomyam bagi yang suka pedas. Katanya, kuah tomyam adalah pilihan favorit di Iki Hokiku. Rasa pedas dan gurihnya pas sekali. Enak disantap selagi hangat. 

Selain menu utama yakiniku dan shabu-shabu, Iki Hokiku juga menyediakan aneka cemilan seperti kentang goreng, nugget, otak-otak, roti bakar, pisang bakar, sampai mi goreng dan mi rebus. Minuman yang ditawarkan juga cukup beragam, ada minuman panas dan dingin, juga ada aneka jus buah.

Untuk harga, minuman dibandrol dari 5k - 10k, aneka cemilan harganya 10k saja per porsi, sedangkan menu utama yakiniku dan shabu-shabu harganya per paket. Untuk Shabu-Shabu paket 1 (untuk 3 - 4 orang) harganya 100k, Shabu-Shabu paket 2 (untuk 2 orang) harganya 60k, dan Shabu-Shabu paket (untuk 1 orang) harganya 35k. Untuk Yakiniku paket 1 (untuk 3 - 4 orang) harganya 200k, yakiniku paket 2 (untuk 2 oarang) harganya 150k dan yakiniku paket 3 (untuk 1 orang) harganya 100k. Kalau mau paket hemat, silahkan pilih paket 2 in 1 seharga 250k yang isinya sudah komplit yaitu yakiniku, shabu-shabu dan air mineral untuk 4 orang. 

Iki Hokiku cocok sekali menjadi pilihan kulineran rame-rame bareng teman atau keluarga. Anak-anak juga pasti suka memasak sendiri makannya langsung di meja tempat makan. Bisa juga menjadi pilihan tempat arisan karena interiornya sangat instagramable. Pas banget deh, bisa makan enak dan bisa juga dapat poto-poto keren di sini. Yuk, untuk sahabat Keluarga Dolan yang ada di wilayah Pekalongan dan sekitarnya bisa segera merapat ke Iki Hokiku untuk berakhir pekan bersama teman atau keluarga. 

Berikutnya, mau dolan kemana lagi kita?


4 comments: